Berdasarkan
Forlap DIKTI Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia saat ini kurang lebih
sebanyak 4378. Sayangnya belum ada wadah yang menyatukan
universitas-universitas tersebut untuk berkomunikasi. Jumlah itu akan terus
bertambah seiring bertambahnya tahun dan semakin majunya sistem pendidikan di
Indonesia.
Sayangnya belum ada wadah yang menyatukan
universitas-universitas tersebut untuk berkomunikasi. Apalagi untuk kampus yang
baru berdiri dan kesulitan untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Sulitnya
mengexplore pengetahuan yang satu rumpun ilmu dari mahasiswa dan dosen dengan
kampus yang berbeda.
Sulitnya menghubungi dosen dan menemukan mahasiswa
yang satu minat dan bisa saling berbagi. Juga dengan melihat kondisi sosial
media yang ada saat ini lebih menonjolkan eksistensi, serta tidak adanya media
yang mewadahi mahasiswa dan dosen dalam berinteraksi secara intensif maka
terbentuklah Viescola.com.
Viescola merupakan aplikasi jejaring sosial berbasis web dan mobile yang spesifikasinya untuk Perguruan
Tinggi. Aplikasi ini merupakan media bagi mahasiswa dan dosen untuk saling
berbagi dan bertukar informasi. Fiturnya yang dapat menglasifikasikan Fakultas
dan Program Studi semakin memudahkan pengguna untuk berinteraksi antar sesama
mahasiswa atau dosen yang satu bidang dan satu jurusan. Dapat dengan mudah
saling bertukar pikiran, pengalaman, keterampilan, kegiatan dan pengetahuan
dari berbagai Perguruan Tinggi di pelosok negeri.
Viescola ini bukan hanya sekedar pembangun relasi dan asosiasi
antar Perguruan Tinggi namun juga menjadi solusi bagi para civitas akademi
untuk bersatu membangun tekhnologi dan negeri sesuai bidang dan ahli
masing-masing. Selain itu, kami berharap dengan adanya aplikasi ini dapat
membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia dengan mengolaborasikan Perguruan
Tinggi satu dengan yang lainnya sehingga dapat saling bersinergi.
Saat ini pengguna yang terdaftar di Viescola sudah
mencapai kurang lebih 200 pengguna dari 20 Universitas di Indonesia. Strategi
yang digunakan untuk mengundang para mahasiswa dan dosen hingga daftar ke
Viescola adalah dengan diadakannya diskusi online yang menghadirkan dosen
sebagai pemateri dan juga mahasiswa-mahasiswa sebagai peserta. Juga dengan
mempromosikannya di berbagai sosial media dan situs yang berkaitan dengan
mahasiswa dan dosen.
Target Viescola dalam waktu 3 bulan kedepan adalah 500
pengguna aktif dari 50 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Strategi yang
tim rencanakan yaitu dengan melakukan promosi ke berbagai media kampus baik
secara offline maupun online. Diantaranya dengan melakukan edukasi langsung ke
beberapa kampus di Jabodetabek, memasukan artikel tentang Viescola ke buletin,
majalah dan mading kampus, serta ke website dan situs mahasiswa atau dosen.
Awalnya Viescola dibangun oleh 2 orang
mahasiswa semester 5 yaitu Indah Nafidah Hayati dan Vera Ramdhani. Pembagian
tugasnya berdasarkan bisnis dan tekhnologi. Namun kini Tim Viescola telah
bertambah 2 orang untuk Spesialisasi Pengembangan Website dan Strategi Promosi
dan Marketing.
Selama perancangan dan pengembangan tim mengalami
kesulitan dalam melakukan riset secara langsung ke dosen-dosen. Untuk itu kami
memanfaatkan riset kepada dosen tetap dan dosen sampingan yang mengajar di
kampus, dan juga melakukan riset secara online ke beberapa dosen di kampus
lain. Dan hambatan yang paling sering dialami oleh tim adalah pembagian waktu
dengan projek-projek yang ada di perkuliahan di luar startup, maka sering kali kami merapatkan banyak hal secara
online.
Untuk fokus saat ini Viescola lebih mengedepankan
interaksi dan diskusi sesama mahasiswa dan dosen. Sedangkan untuk
pengembangannya, kami ingin Viescola memiliki akses untuk Industri agar bisa
bekerja sama dalam magang, kerja sampingan, ataupun melamar pekerjaan sebagai fresh
graduate. Juga untuk menyalurkan proposal-proposal bisnis dan kegiatan
dengan industri yang mau memberikan sponsor.
Selain itu akan disediakan fitur juga bagi para dosen
dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan menyediakan
sistemnya, partnernya atau tempat yang bisa ia jadikan untuk pengabdikan yang
sesuai dengan bidangnya.
0 komentar:
Posting Komentar