Cara berteman Yang baikk :D

Sebenarnya berteman dan bersahabat dengan orang lain bukanlah hal yang sulit, hanya memang memerlukan beberapa hal yang mendasar yang harus kita pahami dan resapi. Yang kemudian bisa diimplementasikan melalui diri kita dan dikomunikasikan dengan sahabat kita.
Diantaranya:

1. Niat baik kita bersahabat dengan orang lain. Niat ini menjadi pemicu awal pembinaan sahabat dan pertemanan kita. Ketika niat kamu hanya untuk keuntungan kamu sendiri dengan mengesampingkan keseimbangan dengan sahabat mu, maka tidak akan mudah kamu membina persahabatan. Tapi ketika niat kamu positif, persahabatan tidak dibarengkan dengan kepentingan negatif, atau kalaupun ada kepentingan paling tidak positif dan imbang alias balance dalam bahasa anak ekonomi. hehehe..

2. Mau mendengar. Artinya sebagai sahabat yang baik utamakanlah sahabat mu untuk menyampaikan keluhan curhatnya dan jadikan pendengar yang baik.

3. Memberi nasihat yang positif, ketika kamu sudah menjadi pendengar yang baik, lalu setelah itu kamu melihat sahabat kamu perlu nasihat dan berilah nasihat yang positif, jangan sampai terbesit niat menjebak dan menjerumuskan hanya untuk kepentingan kamu atau kelompok.

4. Bersikaplah menghargai dan menghormati teman dan sahabat.

5. Jangan terlalu hitung-hitungan.. tapi harus balance juga.

6. kalau manusia gagal, itu wajar aja. Semua orang pernah gagal dalam segala hal. Gak jadi masalah beberapa kali orang bisa gagal, yang penting adalah bangkit dari kegagalan dan intropeksi lagi apa yang menjadi penyebab kegagalan. Dan belajar untuk mengubah perilaku kita dari hasil intropeksi itu.

7. Mau menerima orang lain apa adanya. Coz No Body's Perfect in This World. Coba kalau kamu berteman, berusaha buat menerima orang lain apa adanya, sebaliknya juga kamu harus hati-hati supaya gak ngerasa cuma diperalat oleh temanmu itu. Prinsipnya tulus seperti merpati tapi ternyata cerdik seperti kancil.

8. Perhatikan kebutuhanmu, kamu itu butuh teman buat apa? Nah, cari teman sesuai dengan kebutuhanmu, jangan asal sembarangan milih teman.

9. Sadari dulu kalau segala sesuatu itu perlu pengorbanan. Istilahnya, ada harga yang harus kita bayar. Nah, dalam pertemanan itu juga begitu, kita musti mau tanggung segala harga yang harus kita bayar, entah itusakit hati atau kekecewaan. Gak boleh lari begitu aja kalau ada teman yang nyakitin hati kita. Komunikasikan apa yang menjadi isi hatimu. Dari situ bisa timbul rasa saling mengerti. Pengertian itu modal dari berteman lho..

0 komentar:

Posting Komentar