My Figur Inspiratif

            Menurut saya, ia adalah seseorang yang sangat luar biasa. Wanita yang tangguh, cerdas, spiritual, tutur katanya lembut, memiliki kepribadian yang baik, dan sangat menjaga kehormatannya sebagai wanita. Ia adalah sosok wanita yang anggun dan cantik dengan jilbab yang dikenakannya setiap saat. Kisah-kisah hidupnya dulu yang sangat menyentuh dan menginspirasi saya, membuat saya tergerak untuk memilihnya sebagai figure isnpiratif saya. Tak lain, orang yang menginspirasi saya ialah Oki Setiana Dewi.





Oki Setiana Dewi, S.Hum atau akrab dipanggil OSD lahir di Batam, 13 Januari 1989. Aktris , pembicara, dan penulis yang merupakan sulung dari tiga bersaudara ini lahir dari pasangan Sulyanto dan Yunifah Lismawati. OSD menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia pada tahun 2012. Icon aktris muslimah yang telah banyak menginspirasi remaja tanah air ini, tercatat sebagai mahasiswi terbaik dan berprestasi di kampusnya. Diantaranya sebagai mahasiswa baru terbaik OKK UI 2007, mahasiswa baru terbaik PSA MABIM FIB UI 2007, dan mahasiswi berprestasi bidang seni FIB UI 2010. Setelah meraih gelar sarjana, OSD menjadi santriwati program  Tahfidzul Qur'an di Rumah Qur'an, Depok. Dilanjutkan dengan mempelajari bahasa arab di universitas Umm Al Qura, Makkah pada tahun 2012. Di tahun yang sama, karena kecintaannya pada dunia pendidikan dan anak-anak, OSD melanjutkan studi pascasarjananya di bidang studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Universitas Negeri Jakarta (UNJ).
Sejak sekolah dasar hingga SMA, OSD meraih predikat juara kelas dan sering mewakili sekolah dalam berbagai macam perlombaan. Ia tak hanya berprestasi di bidang akademik tapi juga di bidang yang lain yang ia raih semasa karirnya. Sebut saja di antaranya Aktis Wanita Terbaik versi Islamic Movie days, Aktris Pendatang Baru wanita terbaik dan aktris pendatang baru wanita terfavorit untuk film Ketika Cinta Bertasbih di Indonesia Movie Awards 2010.


OSD telah membintangi beberapa film dan sinetron yakni : Ketika Cinta Bertasbih 1&2 (2010), Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan (2010), Ketika Cinta Bertasbih Meraih ridho Illahi (2011), dan Dari Sujud ke Sujud (2011). Ia turut mengisi soundtrack untuk film dan sinetron Dalam Mihrab Cinta (2011) dan Dari Sujud ke Sujud (2011). Selain itu,  OSD juga telah menulis 3 buku bestseller yang berjudul Melukis Pelangi catatan hati Oki Setiana Dewi (2011), Sejuta Pelangi pernik cinta Oki Setiana Dewi (2012) dan Cahaya di Atas Cahaya(2012). Ketiga bukunya telah di bedah di berbagai tempat di Indonesia dan luar negeri, yakni Malaysia, Singapore, Jeddah dan Makkah, dll. Buku keempatnya berjudul HIjab Im in Love (2013) merupakan karya terbarunya yang paling berbeda karena OSD mengeluarkan pula album perdananya dengan judul yang sama. Album Hijab Im in Love (2013) ini dinyanyikan bersama adiknya, Shindy.


OSD adalah pribadi yang senang mengajar dan belajar. Sejak duduk di bangku SMA, OSD menjadi guru mengaji di TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an) untuk anak-anak dan ibu-ibu. Sejak tahun 2009, OSD aktif mengisi berbagai seminar kemuslimahan dan kepemudaan, juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Saat ini ia menjadi duta untuk Anak-anak Rumah Autis (2012). Ia pun pernah ditunjuk sebagai duta Internet Sehat dan Aman oleh kementrian Komunikasi dan Informatika 2010.
Sungguh luar biasa sosok Oki Setiana Dewi, ia benar-benar membuat saya terkagum-kagum. Di usia yang masih begitu muda, beliau sudah banyak menggapai mimpi-mimpi dan keinginan-keinginannya. Saya melihat passion  dan optimism yang kuat dari beliau. Satu hal yang membuat saya benar-benar mengagumi sosok Oki Setiana dewi, ia adalah wanita yang benar-benar menyukai membaca. Banyak sekali buku yang sudah ia baca, karena banyak hal yang bisa kita dapat dari membaca dan belajar. Semakin banyak belajar maka kita akan semakin merasa bodoh, karena begitu banyak hal yang belum kita ketahui, dan ilmu-ilmu Allah itu terlalu luas, maka tidak ada alasan untuk berhenti belajar.
Sisi lain yang saya lihat dari beliau, walaupun beliau memiliki kesibukan yang luar biasa saat menempuh pendidikannya di Universitas Indonesia, namun itu tak menganggu akademik di kampus sama sekali, bahkan ia selalu meraih IP yang hampir sempurna disetiap semesternya. Subhanallah, sungguh luar biasa sosok OSD ini. Beliau banyak sekali memberikan pesan kepada para muslimah untuk terus berprestasi, terus menebarkan kebaikan, terus belajar, tidak menyia-nyiakan waktu, dan tetap ber isqtiqomah. Inilah yang membuat saya menjadi tergugah dan terinspirasi olehnya. Beliau selalu menulis mimpi-mimpinya disebuah buku mimpi, dari kecil beliau selalu ingin menjadi yang terbaik. Beliau selalu menulis apa yang beliau inginkan, mimpi-mimpi jangka pendek maupun jangka panjang, dan bagaimana cara meraih mimpi-mimpi itu. Ternyata pada akhirnya, mimpi-mimpi beliau benar-benat terwujud, subhanallah.
Seperti yang sudah saya bilang diawal, bahwa beliau merupakan sosok wanita yang sangat luar biasa. Pesan-pesan dan motivasi beliau benar-benar telah menginspirasi saya. Setelah melihat dan membaca mengenai kisah-kisah hidupnya dan keseharian yang beliau lakukan, saya menjadi semakin termotivasi lagi untuk menggapai mimpi-mimpi saya ini. Saya akan terus selalu berusaha dan berdoa seperti apa yang dilakukan oleh Ukhti Oki Setiana Dewi. Beliau telah membuktikan kepada kita semua bahwa kekuatan mimpi-mimpi yang tadinya hanya sebuah coretan tak bermakna didalam buku mimpinya kini semua itu bisa terwujud dan menjadi sebuah kenyataan. Selama niat kita baik dan tetap berada dijalanNya, insyaallah Allah akan meridhoi niat baik dan mimpi-mimpi kita ini. Belajarlah dari kisah Oki Setana Dewi ini.

0 komentar:

Posting Komentar